Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Sabtu, 21 Februari 2015

5 cara mudah atasi cegukan dengan segera

Cegukan adalah masalah yang biasa terjadi dan sewaktu-waktu bisa terjadi secara mendadak pada setiap orang. ini merupakan suatu keadaan yang tidak berbahaya. Mitos mengatakan bahwa cegukan yang berlangsung lama bisa mengalami kematian adalah salah besar.


atasi cegukan dengan segera

Penyebab Cegukan

Cegukan terjadi karena kontraksi diafragma ( otot pemisah dada dan perut ) yang spasmodik karena iritasi dari syaraf otot. Sebab-sebab terjadinya iritasi syaraf tersebut belum diketahui meskipun kadang-kadang menelan dengan tergesa-gesa juga bisa menyebabkan cegukan.

Cara mengatasi cegukan

Ada beberapa cara yang bisa mengatasi atau menghentikan cegukan dengan segera. 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan antara lain :

  • Tahan napas selama mungkin, ulangi beberapa kali
  • Tarik dan keluarkan nafas ke dalam kantong kertas yang dipegang erat-erat disekitar mulut dan hidung selama beberapa menit. ( jangan menggunakan kantong plastik, karena akan menempel pada cuping hidung sehingga menyebabkan sesak napas )
  • Minum air es lalu usapkan es ke dagu. Jangan sekali-kali menelan es batu ketika anda mengalami cegukan, karena hal ini bisa menyebabkan es masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis.
  • Minum air hangat sambil menunduk ( Baca Juga : Lima Alasan Mengapa Anda Harus Minum air hangat Setiap Pagi )
  • Periksa ke dokter bila cegukan sangat mengganggu jika perawatan diatas tidak bisa menolong. Dokter biasanya memberikan resep obat anti spasmodik untuk menghentikan cegukan 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 cara mudah atasi cegukan dengan segera