Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Selasa, 13 November 2018

Manfaat minum air kunyit hangat untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat minum air kunyit untuk kecantikan dan kesehatan - Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam memasak. Namun penggunaan kunyit bukan hanya sebatas bumbu dapur, tapi juga memberikan manfaat lain terutama untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.
manfaat minum air kunyit

Sebagian dari kita mengetahui betapa bermanfaatnya bagi tubuh jika anda meminum air mineral hangat di pagi hari. dan ini sangat berkhasiat untuk membersihkan tubuh dari dalam serta mengeluarkan racun dari sistem pencernaan kita, dapat meningkatkan metabolisme, membersihkan kulit dan banyak lagi khasiat lainnya. Namun, mungkin anda kurang mengetahui manfaatnya apabila air hangat tersebut anda tambahkan sedikit kunyit, dan ini akan bermanfaat ganda bagi tubuh anda.  berikut ini manfaat minum air kunyit untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Manfaat minum kunyit untuk kecantikan

 Manfaat kunyit untuk kecantikan  seringkali digunakan untuk masker wajah antara lain :
  • Menghilangkan flek-flek hitam diwajah
  • Menjadikan anda awet muda
  • wajah menjadi lebih halus
  • sebagai anti jerawat dan komedo
  • anti peradangan
Selain manfaat kunyit untuk masker untuk anda minum dalam keadaan hangat manfaat untuk kecantikan sangat banyak terutama untuk kesehatan kulit. Dimana kunyit berfungsi sebagai pemurni darah alami yang menjadikan darah anda menjadi bebas racun dan secara langsung akan mengobati jerawat serta mencerahkan kulit anda. Kunyit juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menjadikan kulit anda lebih bercahaya.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. menambah sistem kekebalan tubuh

Lipopolisakarida (Endotoksin) yang terdapat dalam kunyit mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko terkena pilek, flu atau serangan virus dan bakteri lainnya. Minum air kunyit sebaiknya dilakukan secara teratur terutama di musim hujan yang suhunya dingin ini dimaksudkan agar tubuh kita lebih tahan terhadap virus yang tersebar dengan cepat di musim ini.

2. Meningkatkan proses pencernaan

Kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu dan enzim pencernaan lainnya, dan ini sangat membantu dalam pencernaan makanan yang tepat. Disaat anda memulai hari dengan meminum air kunyit hangat disaat itu pula sistem pencernaan anda untuk sisa hari dalam mencerna makanan akan lebih bagus.

3. Menyeimbangkan tingkat gula dalam darah

kunyit sangat membantu tubuh untuk memproses gula darah dalam makanan dengan benar, sehingga kita terhindar dari lonjakan gula darah yang tinggi menjadikan gula darah terkontrol dan terhindar dari diabetes.

4. Membantu menurunkan berat badan

Hampir semua wanita mendambakan tubuh yang langsing, dengan meminum air kunyit akan mencegah menumpuknya lemak dalam tubuh. Dan ini sangat membantu sekali dalam proses diet anda dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian, kurkumin dalam kunyit dapat mencegah akumulasi lemak di jaringan adiposa.

5. Anti peradangan

Air kunyit dapat menghentikan peradangan yang mencegah kerusakan jaringan pada sendi-sendi tubuh kita. Ini mencegah atau meredakan nyeri sendi dan artritis. Jadi bagi penderita radang sendi, segelas minuman hangat air kunyit sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam memulai hari baru.

6. Kunyit melindungi sel otak

Kunyit berperan dalam mengurangi kemungkinan kita terserang penyakit Alzheimer. Para telah menemukan bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat mengurangi atau mencegah penyakit Alzheimer dengan cara menghalangi pembentukan beta-amyloid, zat protein yang diyakini menyebabkan hilangnya sel dan jaringan. Selain itu kunyit juga dapat mengurangi peradangan jaringan saraf.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Konsumsi kunyit secara teratur dapat menurunkan risiko kanker. Kunyit merupakan salah satu cara terbaik dalam mencegah tumor yang disebabkan oleh papatan radiasi.

8. Menjaga kesehatan jantung 

Kunyit terkait dengan menurunkan kadar kolesterol dan mencegah aterosklerosis, yang merupakan sebuah penumpukan flak di bagian arteri yang dapat menyebabkan stroke ataupun serangan jantung. Kunyit pula dapat membantu melindungi gumpalan darah yang berkembang di dinding arteri.

Barapa banyak kunyit yang harus digunakan?

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit, cukup dengan 1/4 - 1/2 sendok teh bubuk kunyit yang dilarutkan dalam satu gelas air hangat dan diminum di pagi hari. Anda pun bisa menambahkan air lemon atau madu untuk menambah citra rasa sekaligus memberikan manfaat lainnya.

Dengan meminum air kunyit di pagi hari, Anda dapat dipastikan bahwa tubuh anda akan mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan antibakteri dari kunyit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat minum air kunyit hangat untuk kecantikan dan kesehatan