Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Selasa, 28 Februari 2017

Penyebab batuk berdahak yang perlu anda tahu dan Cara mengatasinya

Penyebab batuk berdahak
Penyebab batuk berdahak

Penyebab Batuk Berdahak dan mengatasinya - Batuk bisa menyerang siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Banyak cara menyembuhkan batuk dengan cepat dan ampuh baik itu batuk kering ataupun berdahak. Nama dan jenis merk obat batuk bisa ditemukan banyak sekali di apotek maupun toko obat, ada yang bersifat sebagai pengencer dahak, mengatasi gatal pada tenggorokan ataupun meredakan batuk sekaligus melegakan tenggorokan. Namun kita perlu cermat dalam memilih obat batuk terutama untuk bayi atau anak-anak dibawah 5 tahun, Disamping itu sebelum membeli obat baik berupa obat herbal maupun kimia sebaiknya kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab dan jenis batuk tersebut sehingga kita bisa mengatasinya dengan tepat. Pada kesempatan ini saya mencoba memfokuskan terhadap penyebab batuk berdahak saja.

Penyebab batuk berdahak sepatutnya diketahui karena batuk berdahak merupakan batuk yang sangat menyiksa. Batuk tersebut menyebabkan jadi sulitnya saluran pernafasan jadi dan dada akan terasa sakit. Alasanya karena dahak dapat menyumbat saluran pernafasan. Secara umum ada dua jenis batuk yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Apabila batuk tidak mengalami kesembuhan bisa jadi ini merupakan tanda bahwa paru-paru lagi mengalami masalah.

Karena batuk berdahak menyebabkan suara menjadi parau dan tenggorokan seperti ada lemnya. Hal ini disebabkan letak pita suara beraada di dekat tenggorokan yang mempunyai banyak dahak. Pada malam hari batuk berdahak akan lebih menyakitkan karena frekuensi batuk pada malam hari akan semakin sering. Dahak menempel di tenggorokan menjadi sulit dikeluarkan jika dahak tersebut belum encer dan masih kental. Berikut ini merupakan penyebab batuk berdahak yang semestinya kita ketahui:


Alergi

Alergi merupakan salah satu hal yang dapat menjadikan seseorang terkena batuk  terutama alergi dingin. Selain itu alergi karena dingin bisa menyebabkan menjadi batuk dan flu pada saat bersamaan terutama saat malam hari dan juga saat pagi hari. Hal itu dikarenakan cuaca malam hari dan pagi hari sangat dingin sehingga beresiko terjadinya batuk dan juga flu . Untuk anda yang mempunyai alergi dingin dan sering mengalami batuk maupun flu alangkah baiknya anda mengetahui cara mengatasi alergi dingin secara tepat dan cepat agar aktivitas anda tidak terlalu terganggu karena faktor alergi. Jika anda belum mengetahui alergi apa yang menyebabkan anda batuk berdahak serta flu saat bersamaan alangkah baiknya melakukan tes alergi baik itu menggunakan bantuan dokter atau bisa anda lakukan dengan tes alergi secara alami. Dengan terdeteksinya alergi sedini mungkin ini bermanfaat untuk mengetahui jenis alergi apa yang ada di dalam tubuh anda.

Terkena Debu

Penyebab batuk berdahak adalah karena faktor debu.  Pada orang yang menderita alergi debu akan langsung terkena dampaknya hingga menyebabkan batuk atau bersin-bersin yang berkepanjangan . Debu yang masuk melalui saluran pernafasan itu akan meenyebabkan batuk berdahak.

Asap Kimia

Asap kimi merupakan salah satu penyebab lain yang mengakibatkan batuk berdahak. Asap kimia yang masuk ke dalam paru-paru hingga menjadikan kinerja paru-paru terganggu. Kantung paru-paru yang seharusnya berisi  udara ini malah terisi dengan asap kimia hingga batuk berdahak pun terjadi pada anda 

Pneumonia

Pneumonia menyebabkan lain dari batuk berdahak baik pada bayi maupun orang dewasa. Pneumonia adalah peradangan yang terjadi di kedua paru-paru atau bisa juga dari salah  satu paru-paru atau di kedua paru-paru. Orang yang memiliki pneumonia sering mengalami sesak nafas dan batuk berdahak alasannya karena saluran pernafasan yang ada di dalam paru-paru berisi cairan yang seharusnya udara dan cairan yang ada di paru-paru bisa mengakibatkan batuk berdahak juga sesak nafas.

Virus

Virus merupakan penyebab yang paling umum untuk batuk berdahak . Selain batuk virus ini biasanya menyebabkan pilek juga. Dahak yang berada di tenggorokan merupakan lendir yang berasal dari dalam hidung manusia. Kadang tanpa di sadari orang menyerap dan menghisap lendirnya sendiri dan lendir itupun masuk ke dalam tenggorokan.

Asam lambung Tinggi

Kondisi asam lambung dapat memicu terjadinya refliks asam sehingga kondisi asam lambung menjadi naik dan tinggi yang menjadikan terjadinya batuk berdahak. Refluks asam merupakan naiknya asam lambung menuju kerongkongan serta merangsang timbulnya batuk berdahak. Refluks asam ini akan terjadi pada saat malam hari dan saat pagi hari. Bagi anda yang menderita asam lambung alangkah baiknya mengetahui apa saja yang mengakibatkan asam lambung naik  dan mengetahui cara mengobatinya. Naiknya asam lambung bukan hanya menyebabkan batuk berdahak akan tetapi dapat menimbulkan rasa perih di bagian lambung.  Penderita asam lambung sebaiknya menghindari penyebab naiknya asam lambung serta menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung  agar tidak terkena dampak terkena kedua hal tersebut.

Asma 

Asma memiliki kemiripan gejalanya dengan alergi debu dan alergi dingin. Akan tetapi  orang yang mengidap penyakit asma selain mengalami batuk dan flu juga menyebabkan terjadinya penyempitan dan terganggunya saluran pernafasan. Biasanya orang yang menderita asma tidak bisa tidur nyenyak karena dalam dadanya terasa berat dan tenggorokannya terasa lengket oleh dahak. Guna meringankan saluran nafas bagi penderita asma, keluarkanlah lendir yang merupakan sebab terjadinya penyempitan saluran nafas yang terasa berat.
Batuk Rejan
Batuk rejan merupakan sebuah kondisi batuk yang terburuk. Batuk sering menyerang anak-anak serta menyebabkan saluran pernafasan anak-anak terganggu. Penyakit sering menimpa pada balita yang tidak divaksinasi. Imunisasi DPT merupakan cara menghindari dan mencegah balita agar tidak terserang batuk rejan.

Sakit Flek

Sakit flek merupakan penyebab dari batuk berdahak pada bayi atau anak-anak. Kita harus mewaspadai jika bayi atau anak kita mengalami batuk dan pilek dalam jangka waktu yang lama. Bisa jadi anak kita terkena flek. Flek ini bisa juga ditandai dengan tidak bertambahnya berat badan anak atau bayi selama tiga bulan. Flek adalah gejala TBC pada anak, oleh karena itu untuk mengatasinya dilakukan pengobatan rutin dan rontgen paru-paru. Rontgen paru-paru itu akan memperlihatkan apakah flek masih tersisa atau dalam paru-paru anak.


TBC

TBC adalah penyakit radang paru-paru yang digolongkan ke dalam tiga tahap yaitu tahap ringan, tahap sedang dan tahap berat. TBC ini merupakan penyakit yang menular, oleh karena itu orang yang menderita TBC mesti dirawat pada ruang perawatan khusus.  Gejala yang sering timbul pada orang dewasa yang terkena TBC  adalah pilek disertai dengan batuk.  TBC yang sudah pada tahap berat, batuknya itu akan bercampur atau disertai dengan darah pada dahaknya. Hal ini menandakan pada paru-paru yang terkena penyakit TBC ini mengalami pendarahan akibat infeksi dan sudah sangat kronis dan berbahaya. Sebelum kita terinfeksi TBC sebaiknya kita mengetetahui apa saja yang menjadi penyebab TBC dan mengetahui cara mencegahnya. Dengan menyetahui penyebab TBC maka kita akan lebih mudah untuk menghindari penyakit tersebut.


ISPA

ISPA kependekan dari Infeksi saluran pernafasan akut dapat membuat seseorang terkena batuk berdahak. Dahak orang yang terkena ISPA akan diteliti untuk diketahui  separah apa infeksi yang berada di dalam tubuh orang tersebut. Dikatakan infeksi akut dikarenakan infeksi itu ada di beberapa organ tubuh seperti tenggorokan, sinus, infeksi disaluran paru-paru juga pada saluran pernafasan. Penyakit ISPA jangan disepelekan karena ada berbagai jenis bahaya ISPA bagi kesehatan dan jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kematian.  ISPA sering dialami oleh warga Indonesia yang sedang mengalami kabut asap karena kebakaran hutan. Anda harus mengetahui ciri-ciri ISPA agar disaat ada orang di sekitar anda mengalami ciri-ciri tersebut bisa segera mendapatkan penanganan dan pertolongan.

Penyakit Jantung 

Penyakit jantung pun merupakan salah satu penyebab batuk berdahak yang sangat buruk . Di saat jantung tidak bisa memompa darah bersama oksigen ke seluruh bagian tubuh terutama di bagian paru-paru. Paru-paru memerlukan oksigen untuk dapat menjalankan fungsinya dengan normal. Apabila paru-paru tidak bisa berfungsi dengan baik yang terjadi adalah penumpukan lendir pada bagian paru-paru akan terjadi sehingga dapat menyebabkan batuk berdahak. Gejala penyakit jantung  yang harus kita waspadai salah satunya adalah nyeri dada kanan, jantung berdebar,nyeri dada kiri dan masih banyak lagi lainnya.

Rokok

Merokok sangat erat sekali hubungannya dengan pernafasan manusia. Akibat dari rokok dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit paru-paru dan saluran pernafasan nya terganggu. Zat-zat yang terbdapat pada rokok sangat berbahaya yang mana zat berbahaya itu bisa menginfeksi paru-paru. Bukan hanya itu saja, bahaya asap rokok  bagi paru-paru bisa mengakibatkan paru-paru terisi oleh asap dan menimbulkan sesak nafas. Bahaya dari rokok bukan hanya dirasakan oleh perokok aktif tetapi juga oleh perokok pasif . Bagi yang bukan perokok aktif sebisa mungkin menghindari asap rokok bagi perokok pasif.

Kanker Paru-Paru

Penyebab  batuk berdahak paling parah diakibatkan oleh kanker paru-paru. Kanker paru-paru ditandai oleh rusaknya kerja paru-paru disebabkann munculnya sel abnormal dalam paru-paru sehingga menghambat fungsi dan kinerja paru-paru. Ciri dan gejala kanker paru-paru yang bisa dikenali salah satunya adalah batuk berdarah, batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh, mengalami nyeri di bagian dada, tubuh semakin kurus dan mengalami sesak nafas. Jika sudah terkena kanker paru-paru, penderita sebaiknya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit sesuai dari stadium kanker paru-paru tersebut.  Pola hidup sehat serta menjauhi asap rokok dan asap berbahaya salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru. Bukan hanya itu saja, kita perlu juga menghindari stres karena stres diyakini dapat memicu timbulnya sel abnormal di dalam tubuh manusia.

Infeksi Paru-Paru  dan Radang Paru-Paru

Munculnya infeksi dan radang di paru-paru menyebabkan batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh. Infeksi dan radang paru-paru itu bisa disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke dalam paru-paru. Bakteri dan virus itu menginfeksi paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru tidak bisa bekerja secara maksimal. Infeksi yang terjadi menyebabkan ruang paru-paru penuh lendir. Lendir itu akan keluar nantinya saat penderita mengalami mengalami batuk berdahak. Bronkhitis merupakan Infeksi paru-paru yang bisa menyebabkan batuk berdahak.
Mengatasi batuk berdahak tidak bisa sembarangan perlu cara yang tepat dalam mengatasi batuk agar mempercepat penyembuhannya. Bila batuk tidak diatasi dengan cara yang tepat akan terjadi penyembuhannya pun akan lama. 

Cara mengatasi batuk berdahak yang bisa dilakukan 

Ada beberapa cara untuk mengatasi batuk berdahak yang kita bisa lakukan antara lain :

Mencari tahu penyebabnya

Cara mengatasi batuk berdahak yang dapat kita lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab batuk berdahak tersebut. Dengan demikian pengobatan dapat dilakukan dengan tepat sasaran. Sebagai contoh bila mengalami sakit batuk berdahak karena alergi maka carilah cara agar alergi yang terjadi pad anda tidak akan kambuh kembali. Bila mengalami sakit batuk berdahak karena TBC maka periksaklah kondisi kesehatan anda ke dokter khusus paru-paru, agar dapat berobat secara maksimal.

Menghindari Asap Rokok dan Polusi Udara

Menghindari asap rokok dan polusi udara merupakan cara yang tepat untuk mengatasi batuk berdahak. Pada asap rokok serta polusi udara didalamnya terdapat zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan paru-paru terjadi infeksi.

Hindari Makanan Digoreng

Supaya batuk anda tidak bertambah parah hindari makanan yang digoreng makanan berminyak yang bisa mengakibatkan batuk semakin parah, membuat dada anda semakin sakit ketika batuk dan menjadikan penyembuhan batuk berdahak anda akan semakin lama. 

Kesimpulan 

Untuk mengobati batuk berdahak perlunya kita mengetahui penyebab batuk berdahak itu sendiri sehingga dalam mengatasi batuk berdahak tersebut akan semakin mudah, karena kita telah mengetahui sebelumnya yang menyebabkan terjadinya batuk berdahak ini. Bagi seseorang yang mengalami batuk berdahak alangkah baiknya untuk selalu menjaga jarak dengan orang yang sehat dan selalu menggunakan masker agar bakteri atau virus tidak menyebar ke orang lain yang tidak mengalami batuk.
Itulah mengenai penyebab batuk berdahak yang perlu anda ketahui. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai batuk berdahak tak kunjung sembuh,obat batuk berdahak paling ampuh,batuk berdahak berkepanjangan,batuk berdahak pada anak,makanan penyebab batuk,penyebab batuk kering,obat batuk berdahak dan gatal,obat batuk berdahak anak akan kami share lain waktu.

Hal yang berkiatan dengan penyebab batuk berdahak , pengunjung Juga mencari :
  • penyebab batuk berdahak berkepanjangan  
  • penyebab batuk berdahak pada bayi  
  • penyebab batuk berdahak berdarah  
  • penyebab batuk berdahak darah  
  • penyebab batuk berdahak pada anak  
  • penyebab batuk berdahak di pagi hari  
  • penyebab batuk berdahak tidak kunjung sembuh  
  • penyebab batuk berdahak di malam hari  
  •  



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab batuk berdahak yang perlu anda tahu dan Cara mengatasinya