Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Senin, 19 Januari 2015

Khasiat daun pandan wangi obat darah tinggi

daun pandan atasi darah tinggi

Pola makan dan gaya hidup merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Dahulu jajanan anak-anak Indonesia terbilang menyehatkan seperti gado-gado. Kini anak-anak lebih menyukai penganan tinggi garam seperti mi. Konsumsi garam masyarakat Indonesia terbilang tinggi yakni 15 gram per hari. Padahal konsumsi garam yang dianjurkan 6 gram atau 1 sendok teh per hari. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukkan 24,5% penduduk Indonesia di atas 10 tahun mengonsumsi satu kali atau lebih penganan asin saban hari.  Data itu juga menyebutkan perempuan lebih banyak menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ketimbang pria. akibat dari pola makan dan gaya hidup inilah penyakit darah tinggi yang lazimnya menyerang seseorang pada usia 50 tahun keatas, tapi kini penderita hipertensi bisa juga dialami orang dibawah usia 50 tahun. 

Dampak dari penyakit darah tinggi
Menurut data Riskesdas 2007 prevalensi hipertensi di Indonesia sangat tinggi yaitu 31,7% dari total penduduk dewasa. Artinya 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia menderita tekanan darah tinggi . Menurut Rully hipertensi menjadi masalah kesehatan besar dan serius di dunia. Prevalensi hipertensi di Amerika dan Eropa berkisar 28%—44% dari jumlah penduduknya. Jika tidak segera ditangani hipertensi bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Hipertensi ikut andil dalam peningkatan proporsi kematian akibat penyakit tidak menular dari 9,1% (1986) menjadi 26,3% (2001). Peringkat jantung koroner sebagai penyebab kematian meningkat dari urutan 11 (1972) menjadi urutan 1 (2001).

Daun Pandan sebagai obat darah tinggi
Menurut  seorang herbalist, Valentina,  daun pandan multikhasiat. Tanaman yang diidentifikasi William Roxburgh itu juga memperlancar peredaran darah, melarutkan asam urat dan asam lemak jenuh, dan sebagai antioksidan. sedangkan Riset Wang Hui dan rekan dari Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences mengungkap daun pandan sumber antioksidan alami. Herbalis di Kota Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati, menuturkan terdapat hubungan antara antioksidan dan tekanan darah tinggi. Antioksidan berperan menurunkan kadar kolesterol dan asam lemak jenuh penyebab hipertensi.

Resep herbal daun pandan mengobati tekanan darah tinggi
Untuk mengobati darah tinggi rebuslah 20 daun pandan wangi ( Pandanus amaryllifolius ) dengan 5 liter air hingga mendidih dan tersisa kurang lebih 2,5 liter air. Takaran tersebut untuk dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan . jika masih tersisa, bisa disimpan persediaan air daun pandan di lemari es untuk keesokan harinya. Konsumsilah rebusan daun pandan wangi tersebut selama sepekan. Insya Allah tekanan darah tinggi anda akan menurun. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat daun pandan wangi obat darah tinggi