Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Minggu, 24 Juli 2016

20 Manfaat Buah Kesemek

gambar buah kesemek

Buah kesemek adalah buah Jepang nasional dan biasa disebut kesemek Jepang atau Oriental. Meskipun buah ini berasal dari Cina, Jepang mengadopsi pertumbuhan dan membuatnya jadi populer. Manfaat Buah kesemek untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak jika dilihat dari kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Kesemek bisa juga dikatakan sebagai buah bedak, Hampir kulit luarnya dilapisi oleh lapisan putih seperti bedak. Jika anda memakannya kesemek memiliki tektur yang renyah, manis dan menyegarkan.

Klasifikasi tanaman kesemek
Seperti disebutkan diatas bahwa kesemek digolongan sebagai tanaman buah. Tanaman tahunan yang memiliki bentuk mirip apel ini kini semakin menyebar luas terutama di asia tenggara seperti thailand, malaysia dan tentunya indonesia. Tanaman ini memiliki batang yang panjang dan keras. Berdasarkan hasil penelitian ilmu taksonomi tumbuhan , kesemek di klasifikasikan sebagai berikut : 

Klasifikasi tanaman kesemek
Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Trachebionta
Super divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ericales
Famili : Ebanaceae
Genus : Diospryros
Spesies : Diospryros kaki Lf.

Morfologi 
Tanaman kesemek merupakan tanaman tahunan yang memiliki batang pendek dan bengkok dengan banyak cabang. Tanaman ini bisa mencapai tinggi sampai lima meter. Daun-daunnya berwarna hijau kekuningan tersusun dengan selang-seling, bulat memanjang dan bertangkai pendek
Dilihat dari morfologi bunganya kesemek termasuk bunga sempurna karena memiliki dua kelamin yaitu jantan dan betina. Bunga tumbuh pada ketiak daun berbilang empat.  Secara visual buah kesemek bentuknya tdak jauh berbeda dengan buah apel tetapi buah ini dilapisi oleh zat putih seperti lilin seluruh kulit luarnya.  Apabila sudah matang, buah ini berwarna jungga walau ada sebagian buah kesemek berwarna kuning saat matang . Maka jangan heran kalau ada orang menyebutnya buah kesemek bedak.

Zat yang terkandung dalam buah kesemek

Buah ini kaya akan vitamin A dan C, mangan dan serat makanan. Kesemek sangat asam dan hanya dapat dimakan ketika buah ini matang.  Dari satu buah kesemek yang matang mengandung 118 kalori, 0 g lemak, 1 g protein, 31 g karbohidrat, 6 g serat makanan, 2 mg natrium. Buah ini kaya akan vitamin A dan C. Satu buah mengandung vitamin A sebanyak 2.733 mg, atau 55 persen dari jumlah harian yang disarankan ahli gizi, dan vitamin C sebanyak  12,8 mg. Kesemek Jepang juga mengandung sejumlah besar mangan yang sangat memainkan peran dalam perkembangan tulang yang kuat dan sehat. Hal ini diperlukan untuk energi metabolisme atau mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi - dan pembentukan tiroksin hormon, yang diproduksi di kelenjar tiroid. Begitu besar manfaat buah kesemek bagi kesehatan kita .

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan 

Sangat sulit dipercaya, buah yang cantik dengan balutan bedak ini ternyata banyak manfaatnya . Secara umum manfaat yang akan kita rasakan jika kita mengonsumsi 1 buah kesemek setiap hari . Ada sekitar 20 manfaat buah kesemek bagi kesehatan, baik sebagai mencegah sakit maupun mengobati atau bisa untuk mengusir serangga. Bahkan mungkin lebih khasiat kesemek jika dikombinasikan dengan bahan-bahan lain. Seperti contoh buah kesemek yang dicampur dengan serbuk kopi bermanfaat menghilangkan selulit. Berikut ini manfaat yang terkandung dalam buah kesemek bagi kesehatan. Ada pun 20 khasiat buah kesemek untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kesemek mengandung sejumlah besar vitamin A dan karoten. Vitamin ini memiliki efek positif yang komprehensif pada organisme manusia, memperkuat otot jantung, penglihatan dan berpartisipasi dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Kesemek yang sarat dengan kandungan vitamin C yang merangsang sistem kekebalan tubuh.
  • anti aging Awet muda . Kesemek merupakan sumber magnesium. Kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya magnesium bagi tubuh kita. Ini mungkin merupakan elemen yang paling penting setelah oksigen, makanan dan air. Magnesium mengaktifkan lebih dari 300 reaksi biokimia yang berbeda penting untuk kesejahteraan kita. Zat ini tidak dipertukarkan bagi tubuh manusia. Magnesium memperlambat proses penuaan alami dan juga memiliki efek positif pada sistem kardiovaskular.
  • Darah rendah. Kesemek yang besar untuk hipertensi, seperti magnesium dapat menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah batu ginjal. Magnesium ginjal mengurangi kemungkinan batu ginjal.
  • Melawan insomnia dan stres. Kehadiran vitamin C dan PP di kesemek ini, membantu kita untuk mengatasi stres, depresi, dan insomnia.
  • Meningkatkan aktivitas otak dan ketahanan fisik. Kesemek mengandung potassium yang meningkatkan aktivitas otak dan membantu meningkatkan ketahanan fisik. Karena tingginya kandungan mineral, kesemek sangat bermanfaat bagi orang-orang terkemuka hidup aktif.
  • Mencegah penyakit tiroid. Karena tingginya kandungan yodium, kesemek bermanfaat dalam pencegahan penyakit kelenjar tiroid.
  • Mencegah dan melawan flu. Dalam pengobatan tradisional, kesemek digunakan dalam memerangi pilek.
  • Kehamilan yang sehat. Kesemek sangat kaya fosfor, kalsium dan zat besi. Jadi kesemek besar selama kehamilan karena buah ini mampu mengkompensasi kekurangan zat besi pada ibu masa depan. Fosfor sangat penting untuk tulang bayi serta berfungsinya sistem saraf pusat. Kalsium juga penting untuk fungsi sistem kardiovaskular, kesehatan tulang, dan juga mengambil bagian dalam proses pembekuan darah.
  • Menurunkan berat badan. Serat dalam kesemek, yang disebut pektin, membantu mengendalikan nafsu makan. Ini membantu mengatur kadar gula darah.
  • Meratakan perut Anda. Kesemek memiliki sifat perut-menenangkan. Dengan demikian, mereka membantu dengan sembelit dan perut kembung.
  • Mengobati cegukan
  • Mencegah kanker. Kesemek mengandung zat yang dikenal sebagai shibuol dan asam betulinic yang menunjukkan sifat anti-kanker.
  • Detox sehat. Kesemek sarat dengan antioksidan yang membantu dalam proses detoksifikasi (penting untuk hati yang sehat).
  • Meredakan diabetes. Sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa kesemek kulit ekstrak ditingkatkan resistensi insulin pada tikus.
  • Memasak. Anda dapat membekukan kesemek lembut dan memakannya bukan es krim. Anda juga dapat menambahkan mereka ke salad untuk menambahkan crunch dan rasa.
  • Membuat Sake. Tanin dalam kesemek yang sering digunakan di Jepang untuk membuat kepentingan - minuman keras Jepang.
  • Antiaging masker wajah. Kesemek membuat untuk masker wajah yang efektif. Ambil daging kesemek, tambahkan kuning telur dan jus lemon dan menerapkan ke wajah.
  • Pengusir serangga . Bau kesemek dapat mengusir serangga seperti kecoa. kupas dan iris buah kesemek, kemudian simpan dalam sepotong kain dan simpan dimana biasa serangga berada 
  • Menghilangkan selulit. Menggabungkan kesemek tumbuk dengan kopi darat kasar dan menggunakannya sebagai scrub melawan selulit. Ulangi perawatan tiga kali seminggu selama sekitar tiga bulan.

Manfaat buah kesemek untuk ibu hamil

Jika dibelah, buah ini mempunyai bentuk daging buah menyerupai pepaya yang setengah matang. Rasanya manis tetapi ketika dikunyah di lidah lebih lembut dari apel. Berbicara mengenai kesemek, kita bisa melihat manfaat dari kesemek bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya untuk kita, khasiat buah kesemek untuk ibu hamil pun bisa didapat untuk mencukupi kebutuhan energy setiap hari, serta membantu meningkatkan kadar darah ketika ibu hamil mengalami anemia. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah kesemek juga membantu memberi ketahanan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari penyakit dan serangan virus selama hamil.

Manfaat buah kesemek untuk diet

Seperti disebutkan diatas, Buah kesemek mempunyai kandungan nutrisi yang banyak sekali. Beberapa kandungan nutrisi yang cukup penting untuk tubuh bisa didapatkan dari kesemek, seperti kandungan vitamin A, karbohidrat, protein, kalium dan protein. Jika Anda saat ini sedang menjalani program diet, buah kesemek juga menjadi buah yang baik dikonsumsi selama diet. Manfaat buah kesemek untuk diet karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sebagai pengganti nasi, serta kadar protein yang tinggi bisa menjadi penyuplai nutrisi seimbang selama diet.
Mengganti nasi dalam diet bukan berarti Anda tidak makan nasi selama diet, tetapi mengurangi porsi nasi dan diganti dengan buah kaya serat dari kesemek. Sebab, kunci sukses dalam program diet adalah mengurangi konsumsi kadar lemak dari makanan dan memperbanyak asupan protein untuk tubuh. Kandungan buah ini bisa menjadi pengganti buah apel jika Anda bosan dengan pilihan buah selama diet.

Kabar menggembirakan yang juga datang dari buah kesemek adalah untuk wanita yang ingin tampil cantik alami, putih dan halus berseri. Selain itu, manfaat dari buah kesemek ini juga dapat menyingkirkan penuaan dini pada kulit wanita.

Baca Juga : 



Nah, sebelum hal yang menakutkan tersebut dialami pada wajah Anda, lakukan upaya pencegahan dengan baik, salah satunya menggunakan buah kesemek tersebut. Sebab, buah kesemek mempunyai kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan antioksidan. Nutrisi tersebut dipercaya bisa membuat memutihkan kulit wajah dan mencegah keriput jika anda konsumsi buah kesemek .

Baca Juga : manfaat labu untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit

Antioksidan pada kesemek berperan sebagai anti radikal bebas seperti paparan UV dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Maka kita tidak perlu meragukan manfaat kesemek yang manis tersebut. Maka dari itu, makan kesemek 1 hari sekali menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan manfaat buah kesemek.

Jika anda ingin tahu lebih detail mengenai manfaat buah kesemek bisa menyaksikan video ini


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 Manfaat Buah Kesemek