Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Minggu, 19 Februari 2017

35 Manfaat baking soda untuk wajah kecantikan dan kesehatan

manfaat baking soda

Manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan – Baking soda yang kita kenal selama ini hanya sebatas bahan untuk membuat kue, Sedangkan manfaat dari baking soda itu sendiri masih banyak orang yang tidak mengetahui mengenai khasiat baking soda itu sendiri. Baking soda itu apa ? Baking soda merupakan bahan untuk kue yang berfungsi sebagai pengembang dan ini terkenal di kalangan pastry. Karena fungsinya sebagai pengembang kue baking soda ini sangat vital adanya sebagai bahan dalam membuat kue kering, kue bolu, brownies kukus dan lain sebagainya.

Baking soda dan baking powder

Baking soda dan baking powder – Baking soda sangat berbeda dengan baking powder. Kita tidak boleh salah mengindentifikasinya, begitu pula dalam takaran saat membuat kue. Baking powder akan lebih banyak takarannya dibandingkan baking soda dalam pembuatan kue. Adapun ciri dari baking soda adalah sebagai beriukut :

Baking soda bubuk jika diremas akan terasa kesat. Rasa kesatnya bahkan seperti tepung kanji 
Baking soda jika dirasakan memilki rasa yang getir dan pahit sedangkan baking powder tidak demikian. 
Jadi kita sebaiknya bisa membedakan mana yang namanya baking powder dan baking soda.

Manfaat baking soda 

manfaat baking soda

Manfaat baking soda tidak hanya bermanfaat dalam proses pembuatan kue. akan tetapi banyak manfaat lainnya dari baking soda seperti untuk kecantikan, kesehatan dan bahkan untuk keperluan rumah tangga. Penggunaan baking soda saat ini terasa diutamakan karena lebih murah dan lebih alami tentunya
Berbagai macam manfaat baking soda akan kita bahas dengan lebih detail lagi sehingga kita akan lebih tahu kegunaan baking soda baik untuk kecantikan, kesehatan maupun untuk rumah tangga. Ada 35 manfaat baking soda yang bisa anda ketahui berikut ulasannya : 

1. Baking soda untuk jerawat

Manfaat baking soda untuk jerawat - Perawatan wajah yang mengalami gangguan oleh jerawat bisa menggunakan baking soda. Penampilan kita sering terganggu dengan adanya jerawat di wajah, hal ini disebabkan jerawat dapat membuat make up menjadi tidaklah sempurna. Untuk wajah yang berjerawat dan berminyak, dengan menggunakan baking soda bisa jerawat bisa diobati. Disamping aman, Baking soda mampu mengempiskan dan menghilangkan jerawat. Beriku ini cara menggunakan baking soda untuk jerawat :
ambil 2 sendok baking soda dan campurkan dengan sedikit air, aduk hingga adonan kental seperti pasta, setelah itu oleskan baking soda dimana jerawat berada, biarkan sampai kering dan bilas dengan menggunakan air bersih

2.  Baking Soda untuk Memutihkan Kulit

Baking soda bermanfaat untuk untuk memutihkan kulit wajah. Sel-sel kulit mati dalam wajah akan terangkat dengan baking soda. Dengan terangkatnya sel-sel mati ini menjadikan wajah menjadi putih dan terbebas dari wajah kusam akibat sel-sel mati. cara memutihkan kulit dengan menggunakan baking soda adalah sebagai berikut : 
  • Campurkan air sabun dengan 2 sendok baking soda
  • Lakukan mengolesan kebagian wajah
  • Pijat - pijat perlahan dengan cara memutar
  • Gunakanlah air hangat saat membilasnya.


manfaat baking soda untuk wajah

3. Baking sodang sebagai sabun pembersih kulit

Baking soda dapat digunakan untuk pembersih wajah. Sifat baking soda yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak salah kalau dijadikan sebagai pembersih dan pemutih wajah. Adapun cara untuk menjadikan baking soda sebagai sabun pembersih muka adalah sebagai berikut : 
Campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 3 : 1 ( 3 sendok makan baking soda di campur dengan 1 sendok makan air ) . Lalu gosok kebagian muka atau kulit dengan gerakan memutar yang lembut untuk mengelupaskan kulit. Bilas hingga bersih. Baking soda ini cukup lembut untuk digunakan sehari-hari. 

4. Baking soda untuk menghilangkan bau badan 

Letakkan baking soda pada ketiak anda untuk menetralisir bau badan yang tidak sedap yang berasal dari ketiak.

5. Sebagai pasta gigi

Membuat pasta gigi untuk memutihkan gigi anda bisa anda buat sendiri dari bahan baking soda dan larutan hidrogen peroksida 3 persen.  Pasti gigi dari baking soda yang anda buat ini bisa mengganti pasta gigi yang biasa anda pakai dan sangat efektif untuk memutihkan gigi anda.


6. Baking soda untuk obat asam lambung

Baking soda merupakan antasid yang sangat aman dan efektif untuk meredakan mulas, asam lambung atau asam pencernaaan.

7. Mengobati gigitan serangga & Kulit gatal

Manfaat Baking soda untuk obat gatal karena gigitan serangga, Buatlah past dari campuran baking soda dengan air dan menerapkannya sebagai salep pada kulit yang terkena gigitan. Untuk  meringankan gata, letakkan beberapa baking soda ke tangan anda dan gosokkan ke kulit kulit lembab setelah mandi. Baking soda ini pun bisa di gunakan untuk mengobati sengatan lebah. 

8. Sebagai Pelembut tangan

Tidak jarang tangan kita terasa kasar setelah menggunakan sabun atau detergen untuk membersihkan piring atau gelas kotor ataupun cucian kotor. Untuk melembutkan tangan karena hal itu bisa anda gunakan baking soda. Campurkan 3 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air, lalu gunakanlah pada tangan anda yang kasar akibat sabun cuci tadi dan bilas dengan air.


9. Membantu rambut Anda

Sari cuka apel memang luar biasa bermanfaat bagi rambut Anda,  dan baking soda pun demikian yang bisa mengurangi kerontokan rambut anda. Caranya adalah dengan menaburkan sedikit baking soda ke telapak tangan anda bersamaan dengan sampo favorit anda. Lakukan keramas seperti biasa dan bilas sampai bersih. Baking soda mampu menghilangkan residu produk rambut yang tertinggal di rambut. Dengan penambahan baking soda pada shampo anda, residu yang menempel dirambut akan hilang.

10. Penyegar mulut

Untuk menyegarkan mulut anda dengan baking soda, anda cukup mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan setengah gelas air, dan berkumurlah. Rasa segar akan terasa karena baking soda dapat menetralisir bau tak sedap pada mulut.

11. Merendam peralatan mulut

Baking soda dapat berfungsi membersihkan peralatan mulut seperti gigi palsu dengan cara merendam peralatan tersebut. Ambil dua sendok teh baking soda dan larutkan dengan segelas air hangat dan kemudian rendam gigi palsu anda. Baking soda dapat mengendurkan partikel makanan dan mentralisir bau untuk menjadikan peralatan mulut anda menjadi segar. 

12. Membersihkan kotoran pada sisir

Baking soda juga mampu membersihkan kotoran yang yang menempel pada sisir dengan sempurna. Seperti kita ketahui bahwe kotoran yang menempel kadang lekat karena pengaruh minyak yang terdapat kulit rambut. Nah sekarang anda tidak usah susah lagi untuk membersihkan sisr rambut, cukup anda merendamnya dengan larutan seperti merendam peralatan mulut diatas.

13. Sebagai air rendaman pada bathub

Baking soda mampu menetralkan asam pada kulit dan membantu membersihkan minyak dan keringat dan juga akan membuat kulit menjadi sangat lembut. Tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam bathub. Rendam seluruh badan anda dan lihatlah hasilnya.

14. Membuat kaki lebih lembut

larutkan 3 sendok makan baking ke dalam bak atau baskom yang berisi air hangat. Rendam kaki dan gosok dengan lembut. Kaki kasar anda akan terasa lembut dan rileks serta hitam-hitam yang menempel pada kaki pecah-pecah akan hilang.

15. Membersihkan ubin bak mandi

Baking soda mampu membersihkan bahkan mengkilapkan ubin lantai yang tadinya sudah kusam. Caranya cukup anda taburi ubin tersebut dengan soda, lalu sikat dengan spon basah yang kemudian bilas sampai bersih dan lap dengan kain kering. Untuk noda membandal pada ubin bisa anda jadikan dahulu baking soda menjadi pasta kemudian tambahkan garam dan sabun cair . Siram ubin bernoda Biarkan beberapa menit campuran tersebut menempel pada ubin kemudian gosok dengan spon dan bilas.

16. Untuk mencuci piring berlemak

Untuk membersihkan sisa lemak dalam piring, anda cukup menambahkan 2 sendok makan baking soda yang dicampur dengan sabun cuci piring. Baking soda mampu menjadikan piring berlemak menjadi bersih dengan sempurna.

17. Menyegarkan spon cuci piring

Perlu anda ketahui bahwa bakteri banyak berkumpul dan menumpuk pada spon pencuci piring anda. Jadi jangan heran kalau spon anda bau bahkan bau seperti nasi basi. Untuk menghilangkan bau tak sedap serta bakteri yang menempel pada spon adalah dengan melarutkan 4 sendok makan baking soda pada 1 liter air hangat. Kemudian rendam spon yang berbau itu. Selain itu campuran baking soda ini bisa anda gunakan untuk membersihkan microwave agar tidak berbau dan tetap mengkilap.

18. Mengkilapkan barang

Karena pengraruh asam, barang-barang yang berasal dari perak atau besi kadang terlihat kusam bukan. untuk mengkilapkannya cukup campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 3 : 1 buatlah seperti sperti pasta. Langkah selanjutnya adalah gosokkan pasta tersebut ke barang perak anda dengan menggunakan kain bersih atau spon. Bilas sampai bersih dan kering. Dan barang logam anda yang tadinya kusam kini mengkilap kembali.

19. Membersihkan noda kopi dan teh pada cangkir

sangat sulit untuk membersihkan noda kopi dan teh yang menempel pada cangkir atau gelas anda. Sabun cuci pun tidak mampu berbuat banyak untuk noda ini. Baking soda merupakan solusinya untuk menghilangkan noda membandel tersebuut. Larutkan 1/4 cangkir baking soda dalam 1 liter air hangat. Untuk noda membandel, cobalah rendam semalaman dengan larutan baking soda dan deterjen atau menggosok baking soda dengan menggunakan spon basah sampai noda hilang.
.

20.  Mengurangi Efek Panas Matahari

Kulit terasa terbakar bila kita tersengat matahari. Dan tak jarang sengatan matahari ini menjadikan kulit panas dan sakit. Mengurangi efek panas dan sakit akibat sengatan matahari ini bisa kita gunakan baking soda, yang mana baking soda ini mempunyai efek mendinginkan dan mengurangi efek panas karena sengatan matahari. 

21. Pembersih Saluran Rumah Tangga

Tidak jarang saluran pembuangan air di rumah tangga mampet tersumbat oleh sampah. Selain bisa anda gunakan soda api untuk membersihkan saluran tersebut bisa juga anda coba dengan menggunakan baking soda caranya adalah taburkan 1/4 cangkir baking soda dan satu liter air hangat ke dalam saluran pembuangan. Saluran air pun akan normal kembali dan terbebas dari sampah.

22. Bersihkan Oven

Taburkan baking soda ke bagian bawah oven. Semprot dengan air untuk meredam baking soda. Biarkan semalaman. Di pagi hari gosok dengan menggunakan spon dan bilas. 

23. Membersihkan lantai 

Baking soda untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran tanpa menghilangkan goresan yang tidak diinginkan. Gunakan 1/2 cangkir baking soda dalam ember yang berisi air hangat kemudian lakukan pengepelan lantai hingga bersih dan berkilau.

24. Membersihkan krayon di dinding

Tidak mengherankan kalau kita mempunyai anak kecil pastilah dinding kamar atau rumah anda berhiasan coretan -coretan yang dibikin anak kita. Manfaat baking soda untuk membersihkan coretan dinding yang berasal dari krayon anda aplikasikan mulai sekarang. Taburi dinding dengan baking soda kemudian kita gosok secara ringan dan seka dengan menggunakan kain kering yang bersih. 

25. Melembutkan pakaian bayi

Baking soda tidak hanya melembutkan tapi juga membersihkan pakaian bayi yang terkena noda sisa makanan atau gumoh bayi. Untuk noda yang sulit tambahkan 1/2 cangkir baking soda dengan deterjen cair, Rendam pakaian bayi tersebut. Kemudian bilas.

26. Bersihkan Popok Kain

Tidak hanya baju bayi yang lembut dan bersih, Baking soda juga mampu membersihkan popok kain dari noda PUP bayi. Larutkan 1/2 cangkir baking soda denga 2 liter air dan rendam popok secara menyeluruh. 

27. Membersihkan mobil

Manfaat baking soda untuk mobil baik untuk lampu mobil, krom jendela, ban, kursi dan karpet alas tanpa kita khawatir meninggalkan bekas goresan yang tidak diinginkan. Gunakan 1/4 cangkir baking soda dalam 1 liter air hangat. Gunakan spon atau kain lembut untuk menghilangkan kotoran. Untuk noda membandel cukup dengan taburkan baking soda pada spon atau sikat lembut. Kemudian gosok kebagian noda yang membandel dengan lembut dan lihat hasilnya.

28. menghilangkan bau Kulkas Anda

Sering sekali kita menemukan bau pada kulkas, mungkin juga ini terjadi dirumah anda. Untuk  menghilangkan bau kulkas, cukup anda menempatkan beberapa sendok baking soda pada wadah terbuka kemudian tempatkan di kulkas. Baking soda ini mampu menetralisir bau tak sedap pada kulkas.


29.  Menghilangkan bau pada talenan

Taburi talenan dengan baking soda, gosok dan bilas. Bau yang ada pada talenan pun hilang dengan sempurna

30. Mengilangkan bau saluran air

Saluran air merupakan sarang bakteri, jadi jangan heran kalau saluran air selalu bau yang diakibatkan bekas sisa makanan yang menjadi sarang bakteri. Untuk menghilangkan baunya cukup tuangkan 1/2 cangkir baking soda pada saluran air kemudian siram dengan air hangat. Bau yang tidak sedap dalam saluran bisa ternetralisir dengan kehadiran baking soda.


31. Hapus Bau Dari Karpet

Taburi baking soda di atas karpet. diamkan semalaman atau selama mungkin ( semakin lama baking soda menetap, semakin baik kerjanya ) . Sedot dengan menggunakan vakum cleaner dan bau karpet pun akan hilang.

32. Menghapus bau dari penyedot debu

Dengan menggunakan metode di atas untuk karpet, anda juga akan menghilangkan bau pada penyedot debu anda.

33. Menyegarkan Lemari

Tempatkan baking soda pada sebuah wadah terbuka dan simpan di lemari. Baking soda mampu menyerap bau yang tak sedap dari lemari, sehingga lemari menjadi segar.

34. Deodorant Mobil

Bau menetap jok mobil dan karpet, sehingga setiap kali Anda melangkah dan duduk, mereka dilepaskan ke udara lagi. Menghilangkan bau ini dengan menaburkan baking soda langsung pada kursi mobil kain dan karpet. Menunggu 15 menit (atau lebih untuk bau yang kuat) dan menyedot baking soda.

35. Pembersih Buah Dan Sayuran

Baking soda juga bermanfaat untuk membersihkan buah dan sayuran. Yang menjadikan sayuran dan buah-buahan yang di cuci dengan baking soda akan terbebas dari pestisida. Selain itu manfaat lainnya adalah baking soda mampu menghilangkan bakteri yang menempel pada buah dan sayur. Caranya dengan mencampur baking soda dengan air kemudian rendam sayuran dan buah tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 35 Manfaat baking soda untuk wajah kecantikan dan kesehatan