Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Rabu, 04 November 2015

Obat stroke ternyata beras hitam

Dua Jenis Stroke

Stroke iskemik (kiri) terjadi karena penyumbatan sedangkan stroke hemoragik (kanan) terjadi akibat pembuluh darah pecah.
Stroke iskemik (kiri) terjadi karena penyumbatan sedangkan stroke hemoragik (kanan) terjadi akibat pembuluh darah pecah.

Penderita stroke biasanya menjalani pola hidup tak sehat yang memicu kolesterol membuat tekanan darah meningkat hingga puncaknya terserang stroke. Ada dua serangan stroke yang perlu kita ketahui yakni  stroke akibat penyumbatan pembuluh darah lebih mudah sembuh asal cepat ditangani. yang kedua adalah stroke akibat pembuluh darah pecah lebih sulit lantaran pembuluh darah di otak telanjur rusak. Serangan stroke biasanya tidak terduga dan bisa terjadi saat bangun, tiba-tiba tak bisa bergerak, badan sebelah kanan lumpuh total. 

Penyebab stroke 
Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr sardjito, menuturkan penyebab adalah pendarahan pada otak akibat pembuluh darah pecah. Penyebab lain, otak kekurangan oksigen akibat penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah biasanya karena kolesterol tinggi, hipertensi ( Baca juga Khasiat daun pandan sebagai obat darah tinggi ), dan stres.

Makanan penyebab stroke
Pola hidup yang kurang sehat salah satu hal yang bisa mengakibatkan stroke. Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti sate, gulai dan lain-lain memicu kolesterol dan menjadikan  stroke mudah hinggap kalau tidak dibarengi pola hidup sehat

Beras hitam pulihkan stroke
Beras hitam yang kandungan antioksidan yang tinggi menjadi penyebabnya pemulihan stroke itu. “Antioksidan membuat kolesterol tidak menggumpal. Akibatnya pembuluh darah pada otak bisa lancar dan tak tersumbat lagi. Hal ini dilakukan oleh hadi yang mengalami stroke iskemik ( Stroke yang terjadi akibat penyumbatan ), setelah disarankan oleh tetangganya untuk mengonsumsi nasi dan sereal beras hitam secara rutin ada perubahan yang signifikan, dari yang awalnya susah jalan menjadi lancar, lidah pun tidak kelu ketika berbicara,” kata Hadi. Bahkan, enam bulan pascakonsumsi beras hitam, “Saya sudah bisa mengendarai mobil dan motor. Tubuh bagian kanan saya juga sudah tidak lumpuh lagi,” ujar kakek 1 cucu itu.

Cara membuat Ramuan beras hitam 
Manfaat beras hitam sebagai penyembuh stroke Ada dua cara yang dilakukan hadi dalam dalam mengonsumsi beras hitam guna penyembuhkan stroke yakni :
  1. Sebagai campuran beras putih dengan rasio satu genggam beras hitam dicampur 1 kg beras putih.
  2. Dalam bentul sereal. Istrinya, Sri Rejeki, mencampur masing-masing 1 sendok makan beras hitam dan beras merah lalu menyeduhnya dengan segelas air mendidih. Sri Rejeki lalu mengaduk beberapa dan membiarkan beberapa saat hingga seduhan hangat. Hadi lantas mengonsumsi seduhan beras merah-hitam itu. Frekuensinya sekali sehari sebelum sarapan ketika perut kosong.

Hingga saat ini ia tetap mengonsumsi beras hitam dengan dosis dan cara yang sama. Efek lain, Hadi merasa kulitnya lebih bersih dan tidak terlalu berkerut. Nyoman Kertia menduga kandungan antioksidan yang tinggi pada beras hitam menjadi penyebabnya pemulihan stroke itu. “Antioksidan membuat kolesterol tidak menggumpal. Akibatnya pembuluh darah pada otak bisa lancar dan tak tersumbat lagi,” kata dr Nyoman.

Baca juga : Resep Herbal Mengobati kolesterol 


Tidak sulit menghindari stroke
Oleh karena itu untuk menghindari stroke sejatinya tak sulit. “Makan makanan tinggi antioksidan plus pola hidup sehat alias jangan stres,” ujar dr Nyoman Kertia. Herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Tangerang, Lukas Tersono Adi, mengungkapkan beras hitam makanan kaya serat. “Seratnya paling top di antara beras lain,” kata Lukas. Menurut alumnus Universitas Diponegoro itu serat membantu memaksimalkan metabolisme tubuh.

Ia menyarankan penderita stroke mengonsumsi beras hitam sekitar 100 g atau 2—3 sendok makan. Beras itu dimakan sebagai tambahan beras putih dan dikonsumsi rutin tiga kali sehari. “Tentu saja harus dihindari makanan banyak garam dan tinggi lemak,” ujarnya. Menurut Lukas untuk menjaga tubuh penderita stroke agar tetap sehat perlu dikondisikan tubuh ber-pH basa.

“Caranya dengan mengonsumsi sayuran dan buah,” ujarnya. Sementara daging dan makanan bertepung bersifat asam. “Dalam kondisi basa, metabolisme tubuh optimal,” ujarnya. Menurut Lukas beras hitam kaya manfaat. “Beras hitam salah satu penganan sehat yang banyak khasiatnya sehingga sayang kalau tidak dimanfaatkan,” ujar Lukas. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat stroke ternyata beras hitam