Kumpulan informasi tentang kesehatan seperti gejala penyakit, penyebab penyakit, tips pengobatan alami, ramuan obat tradisional

Jumat, 03 Februari 2017

Setelah membaca ini anda tidak akan pernah lagi membuang biji semangka

manfaat biji semangka

Semangka adalah buah yang menyegarkan, memiliki rasa yang sangat lezat dan menyehatkan tentunya apalagi di makan saat panas terik matahari. 
Namun, saat kita makan buah semangka tersebut seringkali kita membuang bijinya dan tidak menyadari manfaat yang tersembunyi di dalamnya terutama bagi kesehatan. Biji yang terkandung dalam buah semangka ternyata mengandung protein esensial yang berlimpah, mineral, asam lemak, vitamin B, Folaty, niacin, thiamin, mineral termasuk tembaa, besi, mangan, magnesium, kalium, seng dan juga fosfor. Dengan begitu banyak manfaat yang terkandung dalam biji semangka kita bisa memanfaatkannya untuk kesehatan rambut serta kulit.

Berikut ini manfaat biji semangkan untuk kesehatan 
  1. Biji semangka kaya akan magnesium, dalam 100 gram biji semangka dapat memenuhi 139 persen kebutuhan yang direkomendasikan. Magnesium ini sangat penting untuk menormalkan fungsi jantung dalam mengatur tekanan darah, membantu proses metabolism dan sintesa protein. Selain itu magnesium juga berfungsi untuk mengontrol diabetes serta tekanan darah dan itu sangat membantu dalam kasus penyakit kardiovaskular dan hipertensi
  2. Asam amino yang esensial seperti arginin dan lisin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Selain itu biji semangka ini mengandung asam amino esensial lainnya seperti tryptophan dan asam glutamat. Dan juga lysine yang sangat membantu dalam penyerapan kalsium dalam pembentukan kolagen serta pembentukan jaringan ikat, dan arginin membantu metabolisme, kesehatan seksual dan sistem kardiovaskular.
  3. Biji semangka yang kaya akan multivitamin B yang terdiri dari folat, niacin, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat. vitamin ini sangat penting untuk kesehatan saraf, darah yang sehat serta sangat baik untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk penyakit diabetes, anda bisa merebus segenggam biji semangka dalam 1 liter air selama 45 menit dalam panci. Kemudian minum setiap hari rebusan teh biji semangka ini.
  4. Biji yang kaya akan kalori. Setengah dari biji buah semangka ini memiliki minyak yang terdiri dari lemak jenuh 20% dan sisanya tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. termasuk didalamnya lemak omega-6. Secangkir biji kering memiliki 50 gram lemak yang terdiri dari 80% dari nilai harian yang direkomendasikan.
  5. Biji semangka memiliki lycopene yang sangat baik untuk kesuburan pria dan wajah.
  6. Biji ini kaya akan protein. Kurangnya protein dapat menyebabkan penyakit seperti marasmus dan kwashiorkor di negara-negara miskin di dunia. Dalam secangkir biji semangka kering mengandung 30 gram protein. Protein dan asam amino sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot, jaringan ikat, enzim produksi, dan kulit dan protein juga penting kesehatan kuku.
  7. Biji ini mempertajam memori dan mempercepat pemulihan pasca sakit.


Manfaat biji semangka untuk Rambut:
Biji semangka yang kaya akan protein ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan asam amino esensial seperti arginin, lisin, triptofan dan asam glutamat berguna untuk memperkuat rambut dan mendukung kesehatan rambut.
Kandungan tembaga yang tinggi dalam biji semangka sangat berguna untuk produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut.
Untuk menyuburkan rambut, anda bisa menggunakan minyak biji semangka pada kulit kepala. Disamping menyehatkan kulit kepala, minyak ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut serta menjadikan rambut anda berkilau . Selain itu, minyak ini tinggi asam lemak esensial yang mencegah kerusakan dan menjaga rambut terhidrasi.

Biji semangka untuk kesehatan kulit:
kuaci sangat bermanfaat untuk kulit karena mereka tinggi nutrisi bergizi, seperti linoleum dan asam oleat. Mereka menyediakan cahaya yang sehat untuk kulit, serta manfaat lainnya:

Biji semangka ini berkhasiat untuk mencegah penuaan karena kandungan minyak esensial yang tinggi serta antioksidan, sehingga menjadikan kulit anda tampak lebih muda, sehat dan bercahaya.
Ekstrak biji semangka ini memberikan kelembaban, dan dengan demikian mencegah degradasi penuaan dan memberikan elastisitas kulit.

Minyak biji ini, dikenal sebagai minyak Ootanga atau minyak Kalahari, sangat baik untuk kulit, karena tidak menyumbat pori-pori, melembabkan dan mendukung fungsi normal. sifat-sifatnya membuatnya sempurna untuk unsur penting dalam minyak bayi.
zat yang terkandung didalamnya yang berupa asam lemak tak jenuh ini menjaga kulit lembut, tegas, terhidrasi dan mencegah masalah kulit dan jerawat. selain itu nutrisi yang terkandungnya dapat mencegah infeksi kulit serta kanker kulit.

Minyak biji semangka dapat menghilangkan kotoran, sebum, dan lemak, yang menumpuk di pori-pori dan menyebabkan jerawat, komedo, dan penampilan yang kusam pada kulit. Minyak ini dapat digunakan dalam kasus kulit berminyak, kering, jatuh tempo dan rawan jerawat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Setelah membaca ini anda tidak akan pernah lagi membuang biji semangka